Friday, September 9, 2011

Recehan Bi Minah

WAKAKAK dulu pas SD gue disuruh bikin cerita gidu deh pas kelas 5, dan NYESELNYA kenapa nama bibi-nya Bi Minah? okeoke ini cerita-nya (apabila ada kesamaan nama tokoh mohon dimaklumi)

Crinkk! Suara menara recehan yang dibuat Bi Minah hancur gara-gara teriakan Lila, “BI MINAAAAAAAAAAAAAAAHHH!!!!” teriak Lila
 “Yaaaah,,, Bi Minah! Kan udah kubilang kalo ngasih uang jajan ku jangan recehan!” kata Lila dengan sebal,”Dah, terima aja! Uang Bi Minah cuma segini” jawab Bi Minah, “Ya udah laaahhh,yg penting ada sepuluh ribu!!” jawab Lila dengan jutek.
Langsunglah Lila pergi les di temani supirnya,Mas Bejo. “Loh,kok cemberut??” tanya Mas Bejo dengan rasa penasaran, “Gini loh! Masa Bi Minah ngasih uang jajan ku pake uang recehan? kan aku boseeeennn!” jawab Lila dengan kesal, “Ya udah yang penting uang bukan daun ini” kata Mas Bejo, “Hihihi,,benar juga supirku ini, memang Mas Bejo top banget deeeehhhhhhhhh!”kata Lila dengan tersenyum.
Ting tong ting tong, suara bel istirahat tempat les Lila dengan keras, “Duh laper nih! Beli apa yaa? Aha! Beli roti bakar ahhh!” kata Lila dalam hati, “Halo Lila! Mau beli apa? Roti bakar kan? Pasti pake uang receh!” tebak mba penjual dengan ceria “Loh darimana mba tau? bisa baca pikiran yaa?, ajarin dong” Tanya Lila dengan wajah serius "Ya ampun! Semua penjual juga udah tau dari ujung sini sampai ujung sana kamu itu selalu pake recehan” jawab mba penjual dengan tampang sangat serius,” Aduh mba, jadi maluu! Yang penting duit kan??” kata Lila dengan malu “Iya sihhh!!!” kata mba penjual.
”Oke anak-anak, sekarang kita belajar tentang perkalian dan pembagian pecahan, sebelum pelajaran dimulai ada yang mau bantu korban bencana, kalo mau kumpulin ke Bu Ani yaaa!” kata Bu Ani, “Lila, kamu mau ngasih berapa?”  tanya Lulu dengan sombong, “Kalo aku mau ngasih lima ribu rupiah,yang penting ikhlas” jawab Lila tersenyum, “Kalo aku sih mau sepuluh ribu rupiah, pake uang kertas lagi! ga kayak kamu pake uang recehhhh terus!”  kata Lulu kasar, “Kan yang penting uang dan ikhlas” jawab Lila. Lulu terdiam sejenak,dia memikirkan apa yang ia lakukan untuk Lila, Lulu pun berbisik ke teman lain, “Eh, kita ledekin Lila si tukang receh yukk!”
“Ayo!” jawab teman yang lain dengan serentak, “ satu dua tiga, Lila tukang receh, Lila tukang receh” berulang-ulang kali temannya mengejek Lila sebagai tukang receh. Bu Ani mendengar apa yang barusan murid-muridnya bilang kepada Lila,”Anak-anak kalian tidak boleh mngejek teman kalian seperti begitu, kan sudah ibu bilang, berkatalah yang sopan kepada teman-temanmu, sekarang semuanya minta maaf ke Lila” kata Bu Ani, “Maafkan kami Lila kami janji, tidak akan mengulanginya lagi” kata teman-teman lain termasuk Lulu “sama-sama” kata Lila “berhubung waktunya sudah habis, sekarang kalian boleh pulang, jangan ada barang yang tertinggal!” kata Bu Ani.
Lila pun langsung menaiki mobilnya dengan mata berkaca-kaca, “Loh, kok tadi cemberut habis itu seneng, kok nangis lagi?” tanya Mas Bejo, “Masa tadi aku diledek tukang receh sama temen-temenku, tapi sih udah maafan” jawab Lila sambil meghapus air matanya, “oh,ya udah jangan nangis lagi, nanti jam lima mama sama papa udah pulang dari kantor” kata Mas Bejo sambil merangkul Lila, “Asyikk, mama sama papa pulang horee pulang cepet! Tapi ngomong-ngomong sekarang jam berapa Mas Bejo?” kata Lila dengan gembira “Sekarang jam empat!” kata Mas Bejo, “ngebut Mas Bejo!, biar cepet nyampe di rumah!” kata Lila dengan penuh semangat, “Ok,tapi jangan terlalu ngebut nanti ketabrak lagi mobilnya!” kata Mas Bejo
“Mama..... Papa.......” teriak Lila, “Lila, nih papa bawaiin coklat kesukaanmu!” kata papanya Lila. “Bi Minah, beli ketoprak dong dipasar” suruh ibunya Lila, ‘Iya bu!” jawab Bi Minah.
Teriakkan pedagang mengguncang pasar, walau hari hampir malam pedagang tetap menawarkan dagangannya ke pembeli. “Bang,beli ketoprak satu!”kata Bi Minah “Maaf,tadi mau beli apa?” tanya si pedagang “Mau beli ketoprak satu”kata Bi Minah “Maaf, tadi mau beli apa?” tanya si pedagang “SAYA MAU BELI KETOPRAK SATU” teriak Bi Minah “Oh, sebentar yaa, lagi saya bikinkan! Maaf,tadi mau beli berapa?”tanya si pedagang “SAATUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU” teriak Bi Minah “Nih udah jadi lain kali lebih sabar yaa! Semua pada ngantri dan kalo mau jangan pake uang receh, jaman sekarang udah modern jangan ketinggalan jaman deh” ucap si pedagang dengan santai.
Perasaan  Bi Minah kesallll sekali mukanya merah sepertinya Bi Minah naik darah sangking kesal dengan si pedagang ketoprak. Setelah sampai di rumah Bi Minah langsung menaruh ketopraknya di piring, “haduh, gimana yaaaa?? Tadi pas pulang les si Lila gak negur aku sama sekali, jangan-jangan dia masih marah sama yg tadi gara-gara aku ngasih dia recehan,dia masih marah gak yaaa? aduh ragu nih, kayaknya dia masih marah sama aku deh! Gimana nih??? Gimana yaaa??? Aku takut dimarahin sama ibu dan ayahnya karena ngasih uangnya yang recehan! Dan tadi pas beli ketoprak, dibilangin sama abangnya udah jaman modern gak usah pake uang recehan, jadi malu nih,,,  Aha!!!!!!! Aku punya ide gimana kalo aku pakenya uang kertas aja setiap hari jangan pake recehan dan gak boleh terima uang recehan! Mulai sekarang aku harus bisa ngumpulin uang kertas! HARUS! HARUS! HARUS!” kata Bi Minah dalam hati dengan rasa semangat yang membara.
Dengan penuh semangat, Bi Minah menukarkan semua uang recehannya ke pedagang pasar dengan uang kertas “loh semua ini mau di tukarkan” kata si pedagang dengan kaget “ya iyalah! kan saya bosen pake uang recehan terus, kan udah jaman modern masa nggak berubah” jawab Bi Minah “oh,ya sudah makasih yaaa, Bi Minah!” kata si pedagang senang sekali, “sama-sama” kata Bi Minah.
“Mas Bejo,tuker uang kertas dong!” kata Bi Minah “buat apa?? Udah bosen jadi jadi ratu recehan?? Bercanda kok! Sini mau tuker berapa?”jawab Mas Bejo “nih ada totalnya ada dua puluh ribu! Aku mintanya dua puluh ribuan kertas looh!” kata Bi Minah tidak sabar “nih ada dua puluh ribu ambil aja!” kata Mas Bejo
“BI MINAHH!!,aku mau berangkat les aku minta uang jajan dong!” teriak Lila “nih lima puluh ribuan kertas kembalinya harus empat puluh ribu gak boleh kurang gak boleh lebih” kata Bi Minah “weeeessss!, udah pake uang kertas nih, gini dong pake uang kertas gak kayak dulu, recehhhhh melulu kan bosen tauu!” kata Lila “ya udah cepetan sana les, nanti telat lagi!” kata Bi Minah “sssiipp dah! Mas Bejo berangkat!” kata Lila semangat.
“Kok keliatan semangat?? Udah dapet uang kertas yaa??” kata Mas Bejo, “iya nih, tumben Bi Minah ngasih uangnya kertas bukan receh” kata Lila, “tadi Bi Minah nuker uang ke Mas Bejo, nih uangnya!” kata Mas Bejo, “oh iya, ini uangnya, Bi Minah, Bi Minah” kata Lila.
Kriiiiiiiinnggggggg! Bunyi bel istirahat tempat les Lila, “Kok bunyi belnya beda yaaa? Ah gak apa apa deh yang penting jajan!” kata Lila. “mau makan apa Lia, eh salah Lila?” kata mba penjual “aku mau makan siomay, gak pedes,dan gak pake lama!, nih uangnya” kata Lila tanpa panjang lebar, “wissssss, dah pake uang kertas nih! Tapi uangnya kegedean, ada uang pas gak?” kata mba penjual, “gak ada!” kata Lila “nih kembaliannya tiga puluh delapan ribu rupiah” kata mba penjual “terima kasih,mba”kata Lila
Dengan lahapnya Lila memakan siomay yang ia beli.Waktu pulang sudah tiba dengan segera Lila masuk mobil, Lila yang berada di dalam mobil senyum sendiri.
Setelah sampai di rumah, “BI MINAAAAAAAAAH!!! Ini kembaliannya tiga  puluh delapan ribu!” teriak Lila, “loh kan udah Bi Minah bilang kalo kembaliannya harus pas empat puluh ribu, nggak boleh nggak boleh lebih!, emang tadi beli apa aja? Pokoknya Bi Minah nggak mau tau kembaliaannya harus empat puluh ribu”, kata Bi Minah, “tadi Lila beli siomay, harganya dua belas ribu, iyaaaa nanti Lila kasih dua ribu, kan tiga puluh delapan ribu di tambah dua ribu jadi empat puluh ribu!” kata Lila dengan polos.
“Mas Bejo!, Lila minta dua ribu dong!” kata Lila “buat apa? Buat beli permen?” tanya Mas Bejo, “bukan, buat nambahin kembalian beli siomay, kan tadi kembaliannya tiga puluh delapan ribu, katanya Bi Minah kembaliannya harus pas empat puluh ribu!, nggak boleh kurang nggak boleh lebih!” jawab Lila “ini adanya dua ribu tapi recehan” kata Mas Bejo “ya udah” jawab Lila.
“loh kok recehan??,, Bi Minah maunya uang kertas” kata Bi Minah “yang penting uang kan??” kata Lila “tapi ini recehan, tadi kan Bi Minah ngasihnya uang kertas bukan recehan.”kata Bi Minah, “ya udah sini Lila tuker pake uang kertas”kata Lila
Lila pun pergi ke pangkalan becak agak jauh dari rumahnya. “bang,ada dua ribuan kertas gak?” tanya Lila “ada, mau nuker yaa?”jawab abang becak, “iya, pake recehan!” kata Lila “ya udah,nih dua ribuan kertasnya” kata abang becak “terima kasih,abang becak” kata Lila “sama-sama” kata abang becak.
“Bi Minah, nih dua ribunya,Lila mau ke kamar dulu!” kata Lila. Setelah sampai di kamar, Lila pun langsung mengerjakan PR-nya yang belum selesai. “kok Bi Minah jadi begini sih?? Aku lebih suka Bi Minah yang dulu!, gak kayak sekarang, iya sih dulu aku mintanya Bi Minah pake uang kertas, tapi uang nya kegedean” kata Lila.
Bi Minah mendengar ucapan Lila. “Lila gak suka kalau aku pake uang kertas  dia lebih suka kalau aku pake uang recehan, aku juga lebih suka diriku yang lama bukan yang ini,mestinya aku tahu kalau lebih baik jadi diri sendiri,mulai sekarang aku putuskan kalau pakai uang recehan, jangan pake uang kertas.” Kata Bi Minah dalam hati.
Keesokan harinya, “Bi,, aku minta uang jajan dong! Aku mau ke warung beli es krim rasa coklat.” Iya nih uangnya!” kata Bi Minah “kok recehan?? Udah nggak pake uang kertas lagi nih?” tanya Lila “enggak dong!” jawab Bi Minah “Asyikkkk! Aku mau bilang ke papa kalo Bi Minah wajahnya dijadiin gambar uang recehan aja ahh!” kata Lila “ahhhh,,, bisa aja kamu!” jawab Bi Minah sambil tersenyum.
Dan semua berakhir dengan keceriiaan .......


Panjangnya........

No comments:

Post a Comment