Thursday, March 8, 2012

#kony2012





Hari ini (7/3/12), Kony menjadi perbincangan tweeps. Tagar #stopkony dan #KONY2012 pun jajaki trending topic. Lantas siapa Kony? Joseph Kony adalah pemimpin Lord's Resistance Army (LRA). Sebuah kelompok di Uganda yang menculik anak-anak untuk dijadikan tentara atau budak seks.
Jutaan anak hidup dalam bayang-bayang Kony. Mereka bertahan hidup agar tidak tertangkap dan diperbudak Kony. Mereka yang mencoba kabur, tanpa ampun akan dibunuh. 
Jason Rusell dan rekannya kemudian tergerak untuk menolong anak-anak di Uganda. Mereka mebuat film pendek berdurasi 29 menit. Tentang perjalanan dan perjuangan mereka, untuk menangkap Kony.
Seiring berjalannya waktu Jason dan rekan berhasil mengajak lebih banyak orang untuk membantunya, bahkan pemerintah Amerika Serikat membantu mereka. Tapi, Kony sadar akan segera ditangkap. Dia kemudian mencari perlindungan, sehingga tidak mungkin lagi pemerintah turut campur dalam hal ini.
Pemerintah AS akan kembali menolong Jason dan lainnya, hanya apabila masyarakat mulai sadar akan keberadaan Kony dan perduli apa yang sudah dilakukannya. Maka tahun 2012 ini Kony dengan sengaja diankat namanya. Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Youtube dipilih menjadi kaki untuk menyebarkannya.
Untuk informasi lebih lengkap dan jika Anda ingin ikut donasi silahkan ke website mereka.

No comments:

Post a Comment